Minggu, 19 April 2009

Dinas Pendidikan Sebagai Ujung Tombak Mencerdaskan Bangsa


Tidak dapat dipungkiri bahwa kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan utama yang dilaksanakan oleh setiap lapisan masyarakat pada umumnya dan bagi para siswa khususnya. menurut Pembukaan 1945 dan UUD dasar pasal 28 C Amandemen IV 10-08-2002 disebutkan bahwa “ Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia.** ). Kemudian menurut pasal 31 ayat 1 “ Setiap warga Negara berhak mendapat pendidikan “ dan pasal 31 ayat 2 yang berbunyi “ setiap warga Negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.
Dilihat dari pasal-pasal diatas dapat disimpulkan bahwa pemerintah menunjuk dinas pendidikan sebagai penyelenggara dan penyedia fasilitas belajar dan mengajar. Di Kabupaten Tuban sendiri memiliki Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang terletak dijalan dr. wahidin Sudiro Husodo. Dari sinilah semua kegiatan yang menyangkut pendidikan di Kab. Tuban diatur dan direncanakan.
Dinas pendidikan se Indonesia termasuk dinas Pendidikan kab. Tuban memiliki beberapa program-program yang menunjang proses belajar mengajar diwilayah naungan dinas Pendidikan tersebut. Contohnya adalah pengadaan buku pendidikan gratis. Dengan adanya pengadaan buku pendidikan secara gratis, diharapkan akan memaksimalkan pembelajaran karena dapat menjangkau seluruh kalangan untuk dapat menambah pengetahuan dengan membaca buku. Adanya rintisan SMA bertaraf internasional juga dapat memberikan angin segar bagi dunia pendidikan dalam negri, yang menuntut pembaharuan dan meningkatkan muru pendidikan agar dapat setaraf dengan sekolah-sekolah internasional lainnya. Karena glibalisasi menuntut generasi bangsa yang kompeten dan mampu bersaing disegala aspek kehidupannya.
Program lainnya adalah ASEAN Student Exchange program 2008. Direktorat pembinaan Sekolah Menengah Atas direktorat Jendral Management Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional memberikan wadah bagi siswa-siswi SMA untuk memperkenalkan dan mengharumkan nama bangsa Indonesia dalam berbagai even Pendidikan dan Kebudayaan ditingkat Internasional, salah satunya melalui kegiatan ASEAN Student Exchange. Sayangnya program ini belum dapat dilaksanakan oleh kabupaten Tuban karena masih perlu banyak persiapan yang matang. Serta masih banyak program-program lain yang dimiliki oleh Dinas Pendidikan.
Melihat dari banyaknya program yang dikeluarkan oleh dinas pendidikan,sudah sepatut disebut bahwa Dinas Pendidikan adalah ujung tombak dalam upata mencerdaskan bangsa.

0 komentar:

This Blog Supported By: Photobucket
welcome to the tuban-jatim.blogspot.com.....this blog contain many information about tuban...enjoy your visiting....(for more great result please use mozzila firefox browser)
Template by : koko (koko-fuxer.blogspot.com)