Minggu, 19 April 2009

Hubungan Antara Situs Jejaring Sosial dan Prestasi Pelajar.

Dalam era globalisasi di dunia yang begitu canggih ini, tercipta sebuah teknologi yang semakin meningkat seiring dengan perubahan zaman saat ini, seperti maraknya layanan dunia maya yang memberikan layanan yang dapat membuat setiap orang terbuai jika sudah mask didalamnya. Seperti yang sedang booming saat ini situs jejaring social.
Semakin maraknya para remaja yang menggemari situs jejaring social seperti friendster dan facebook member dampak positif dan negative bagi mereka. Hal ini diakibatkan karena sifat dasar para remaja yang memiliki rasa ingin tahu yang besar pada sesuatu yan baru bagi mereka. Selain itu, para remaja identik dengan meniru apa yang menurut mereka baik tanpa tahu apa akibat yang akan terjadi. Seperti situs jejaring social ini, semakin banyak remaja yang menggunakannya disebabkan adanya informasi dari teman atau orang lain yang mengatakansuka denga situs tersebut bahkan merasa ketagijan menggunakannya.
Dengan adanya fasilitas yang disediakan situs-situs tersebut yang dapat berfungsi sebagai alat komunikasi dengan orang lain, disertai dengan adanya data diri ( profil ) dan foto yang mempermudah untuk saling mengenal pribadi masing-masing. Apalagi untuk mendaftar dan menjadi member situs-situs tersebut sabgatlah mudah sehingga para remaja dapat dengan mudah dan cepat menjadi anggotanya.
Banyaknya pengguna situs ini yang bukan hanya dari kalangan remaja melainkan juga dari semua umur mejnadi fenomena tersendiri dalam aktifitas dunia maya. Namun, fenomena yang banyak diminati para remaja ini selain bisa menambah wawasan, Teman, dan meningkatkan gengsi agar tidak dibilang kuno ( ketinggalan zaman ) oleh teman sebayanya, juga memberikan dampak negative seperti para remaja semakin ketagihan sehingga mengabaikan tugas dan kewajiban yang mereka miliki seperti belajar, hal tersebut dapat berdampak pada prestasi pelajar itu sendiri yang cenderungan mengalami penurunan. Keadaan ini disebabkan karena setiap waktu yang dimiliki para remaja atau pelajar digunakan untuk membuka situs ini. Layaknya narkoba yang semakin tidak digunakan maka penggunanya akan semakin tersiksa, hanya bedanya pada kasus ini tersiksa dalam artian penasaran dan ingin tahu yang berlebihan atas apa yang ada di friendster dan facebooknya hari ini.
Dengan demikian tugas-tugas yang ada dan kegiatan belajar lainnya terbengkalai, dan membuat para remaja tidak dapat berkonsentrasi karene perhatiannya teralih pada hal lain. Oleh karena itu seharusnya hal ini dapat ditindak lanjuti oleh pemeerintah, khusunya orang tua agar lebih memberikan bimbingan kepada putra-putrinya agar tidak terkena dampak yang lebih jauh dari dunia maya tersebut.
Karena itu para orang tua harus mengontrol kegiatan anaknya dan mengarahkan anaknya kembali ketugas dan kewajibannya sebagai pelajar, jika anaknya terlalu larut masuk dalam dunia maya dan menghabiskan sebagian besar waktu yang dimiliki.

0 komentar:

This Blog Supported By: Photobucket
welcome to the tuban-jatim.blogspot.com.....this blog contain many information about tuban...enjoy your visiting....(for more great result please use mozzila firefox browser)
Template by : koko (koko-fuxer.blogspot.com)