Senin, 13 April 2009

Konsentrasi sebagai kunci sukses UNAS


Salah satu faktor sukses belajar ato apapun yang kita kerjakan adalah konsentrasi.

Bila kita konsentrasi dalam belajar, maka segala sumber daya yang kita miliki akan mengalir secara optimal untuk tujuan yang kita butuhkan tersebut. Apalagi menjelang ujian nasional bagi siswa-siswi kelas XII seperti saat ini, butuh konsentrasi ekstra dalam belajar agar sukses UN.

Secara bahasa, konsentrasi dimaknai sebagai upaya pemusatan fikiran terhdap suatu hal yang kita kerjakan dengan mengenyampingkan hal yang lain. Tentunya tiap dari kita, punya level konsentrasi yang berbeda-beda.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kita kurang konsentrasi dalam belajar, antara lain:

1. Belum punya target belajar.
2. Cara belajar yang kurangbermakna.
3. Gangguan-gangguan belajar.
4. Tidak percaya pada kemampuan diri sendiri.
5. Rasa bosan.
6. Kondisi fisik yang menurun atau rasa lelah.

Solusi yang pasti, setelah kita tahu beberapa faktor di atas;

1. Berdoa kepada Allah, minta dimudahkan dalam memahami apa yang dipelajari.
2. Buat target yang mau dicapai, sekali lagi belajarlah dengan target. Misalnya, tetapkan berapa jumlah halaman yang akan dibaca ato tetapkan berapa lama akan belajar.

3. Membaca buku saja, tanpa diikuti upaya lain seperti; menggaris-bawahi ato mencatat hal-hal yang dianggap penting, buat coret-coretan visual, dan berlatih soal, sulit rasanya untuk bisa paham. Oleh karena itu, agar belajar menjadi bermakna biasakan belajar dengan cara tersebut.

4. Hindari ato kurangi gangguan-gangguan belajar, mulai dari; televisi, telepon, penerangan kurang hingga nyamuk yang menyerang agar konsentrasi belajar tidak buyar. Segera matikan televisi dan ponsel, semprot anti nyamuk di ruang belajar, pake lampu belajar yang terang, dan upaya lain yang sejenis.

5. Berikan tantangan kepada diri kita untuk melakukan sesuatu yang luar biasa. Dan tetapkan penghargaan ato hadiah bila kita sukses lakukan itu. Misalnya, kalau kita bisa mencapai target belajar hari itu, kita akan makan ayam bakar , bakso sapi bakar, es teler ato yang lainnya. Tantangan yang sukses kita lalui, dapat menambah percaya diri atas kemampuan kita.

6. Perhatikan kondisi fisik, jika perlu tetapkan waktu istirahat untuk memulihkan rasa bosan, dan kelelahan dalam berkonsentrasi. Berlatih olah-raga secara teratur, makan dan minum yang bergizi agar tidak mudah lelah dan mengantuk.

Kemampuan konsentrasi bukan bakat yang diperoleh sejak lahir tapi kebiasaan yang dapat dilatih. Pada dasarnya konsentrasi adalah akibat dari perhatian yang ditimbulkan secara sadar oleh diri kita. Setiap dari kita yang berusaha untuk melatih diri dan mengembangkan kemampuan tersebut dapat meningkatkan kemampuan konsentrasinya sehingga menjadi kebiasaan yang mudah dilakukan. Dan sesungguhnya, saat konsentrasi kita terlatih dengan baik, maka akan memiliki manfaat yang luar biasa terhadap hidup kita.

Jadi, bukan hanya sukses belajar yang bisa dicapai bahkan lebih dari itupun mudah dilakukan. Misalnya, bisa meningkatkan produktivitas pikiran, memberikan ketenangan batin, dan sukses hidup. Mudah-mudahan tulisan ini, dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi kita, dan menjadi salah satu kunci sukses belajar dalam menghadapi UN bagi siswa-siswi kelas XII.
GoodLuck CHuy,....

0 komentar:

This Blog Supported By: Photobucket
welcome to the tuban-jatim.blogspot.com.....this blog contain many information about tuban...enjoy your visiting....(for more great result please use mozzila firefox browser)
Template by : koko (koko-fuxer.blogspot.com)