tubanku sekolahku masadepanku

Sabtu, 18 April 2009

Kwan Sing Bio, The Most biggest temple in south east asia.


Kwan Sing Bio mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan nama ini. Nama salah satu kelenteng di kabupaten tuban memiliki keistimewaan tersendiri. kelenteng yang terletak pada jalur pantura kabupaten tuban ini sangatlah cantik dan menarik. Dengan luas yang diperkirakan lebih dari tiga hektar membuat kelenteng ini menjadi yang terbesar di kawasan asia tenggara.

Kelenteng yang berada di Jl RE Martedinata ini tidak pernah sepi dari pengunjung apalagi pada malam tahun baru imlek, banyak para wisatawan dari luar kota yang memadati tempat Ibadah agama Budha ini, bahkan setiap pergantian tahun baru Imlek pihak dari kelenteng pasti mendatangkan artis terkemuka dari Ibukota.

Kelenteng yang didirikan pada tahun 1928 ini, konon kelenteng ini adalah peniggalan dari para pedagang etnis tionghoa berabad- abad yang lalu yang menyebarkan agama lewat perdagangan.

Selain mendapat gelar kelenteng terbesar di asia tenggara, kelenteng yang bertengger di depan laut utara jawa ini juga memiliki struktur bangungan yang indah dan cantik, bahkan apabila anda baru pertama kali berkunjung kesini pasti sangatlah terkagum- kagum, seperti layaknya berjalan- jalan di china pada masa dulu.

Bagi pengunjung yang hendak bermalam tidak perlu khawatir, kelenteng Kwan sing bio menyediakan tempat bermalam gratis yang mampu menampung ribuan pengunjung. Urusan makan juga gampang, kelenteng ini menyajikan makanan gratis setiap harinya.
Ketenaran kelenteng ini tidak perlu dipertanyakan lagi, dengan deretan lampu lampion, arca dewa hingga lilin yang terpasang seolah mampu membuktikannya. Beragam nama dan asal daerah pengunjung dapat kita lacak disitu. Disini anda bisa melihat lilin dengan ukuran sepelukan orang dewasa dengan tinggi menjulang hingga dua meter.
Jadi sangatlah tidak sempurna apabila anda melewati kota tuban, tanpa mengunjungi wisata religi yang satu ini.

1 komentar:

koko' (Tuban Jatim) mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
This Blog Supported By: Photobucket
welcome to the tuban-jatim.blogspot.com.....this blog contain many information about tuban...enjoy your visiting....(for more great result please use mozzila firefox browser)
Template by : koko (koko-fuxer.blogspot.com)